Mahasiswa UIR Sampaikan Petisi Kepada KPU Riau, Ini Poin-poinnya

oleh

Mahasiswa UIR Sampaikan Petisi Kepada KPU Riau, Ini Poin-poinnya

Uri.co.id, PEKANBARU – Puluhan mahasiswa dari Universitas Islam Riau (UIR) Senin (20/5/2019) melakukan aksi di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau.

Mahasiswa ini membacakan petisi untuk KPU Riau terkait pelaksanaan pemilu yang dianggap banyak kejanggalan terutama di Riau.

Mahasiswa yang melakukan aksi ini sempat bersitegang dengan aparat kepolisian karena mahasiswa ini berusaha menurunkan bendera menjadi setengah tiang.

Namun aksi mahasiswa ini mendapat perlawanan dari aparat kepolisian.

“Kami ingin adanya perbaikan dalam sistem pemilu saat ini, khususnya di Riau, karena kita melihat banyak kekurangan dan harus diperbaiki,” ujar Kordinator Lapangan Lexi kepada Uri.co.id usai menyampaikan orasi di KPU Riau.

Ia mengungkapkan, isi dari petisi yang disampaikan tersebut adalah:

1. Tuntutan kepada KPU untuk mengevaluasi regulasi terkait jam kerja KPPS dan kesesuain honor yang mereka terima.

2. KPU juga diminta untuk perbaikan sistem perekrutan KPPS yang bertugas.

3. Meminta agar Pemprov dan KPU memberikan bantuan kepada keluarga KPPS yang meninggal dunia, baik secara moril dan materil.

4. Harus ada pembentukan tim pencari fakta terhadap meninggalnya 18 orang penyelenggara dan pengawas serta pihak terkait lainnya di Riau.

5. Meminta KPU untuk melakukan klarifikasi terhadap masalah-masalah yang terjadi terkait dengan pemilu serentak di Riau.

Setelah menyampaikan orasi di depan gedung KPU, rombongan mahasiswa ini akhirnya dijumpai dan disambut Sekretaris KPU Riau, Rudinal.

Karena saat ini seluruh komisioner di KPU Riau sedang berada di KPU RI untuk pleno di tingkat Nasional.

“Tentunya kita akan tampung aspirasi dan juga petisi yang adik-adik sampaikan. Nanti akan kita teruskan ke Komisioner setelah selesai pleno di KPU RI,” ujar Rudinal.

Dalam kesempatan itu juga Rudinal menyampaikan untuk santunan yang dituntut mahasiswa, keluarga KPPS sudah diberikan santunan sebanyak Rp 20 juta per KPPS yang meninggal.

Sumbangan tersebut bersumber dari Pemprov Riau.

“Tentunya semua masukan dari adik-adik ini akan kami terima sebagai evaluasi dalam perbaikan penyelenggara pemilu kedepannya,” jelas Rudinal. (Uri.co.id/Nasuha Nasution).

Mahasiswa UIR Sampaikan Petisi Kepada KPU Riau, Ini Poin-poinnya ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!